Menghitung Harga Jual

Berwirausaha atau memulai usaha akan timbul pertanyaan dari mana Saya harus memulai? Bagi orang yang belum pernah melakukan usaha kemudian bergerak dalam dunia usaha pasti mengalami kebingungan. Membahas tentang usaha tentunya tidak lepas dengan istilah entrepreneur. Seorang entrepreneur adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru dan memasarkannya serta mengatur pemodalan operasinya . Memulai dalam berusaha harus siap berisiko kegagalan. tetapi harus yakin pada Tujuan untuk membangun mesin uang, meskipun mungkin  tidak memiliki keseluruhan bagian dari yang dibutuhkan. Bisa terjadi kalau ide Anda mungkin saja sebagian salah namun Anda tidak tahu pada bagian mana yang salah. Tidak perlu khawatir, hal ini normal adanya.

Persaingan usaha pakaian  semakin menjamur, bisa jadi Persaingan yang terjadi lebih pada persaingan kualitas produk namun tidak menutup kemungkinan terjadi persaingan harga lebih murah. Hal ini perlu dihindari, namun cobalah untuk membuat harga yang sesuai jangan hanya untuk merebut pasar. Tidak sedikit pelaku usaha masih bingung
dalam menentukan harga jual produknya. Harga jual sangat berkaitan dengan tingkat keuntungan dan tingkat penjualan.

Bagaimana menentukan harga jual? Asumsikan bahwa Anda memiliki usaha konveksi blus. Anda menginginkan laba sebesar 30%, sedangkan dalam satu minggu Anda ingin menjual blus 100 potong dengan rincian biaya bahan pokok dan pelengkap sebagai berikut:

Total Biaya
= Rp 4.780.000 + Rp 300.000
= Rp 5.570.000

Berapa harga jual satu buah blus ? Hal yang perlu diperhatikan saat menghitung total
biaya produksi. Hal ini dapat dihitung dengan cara di bawah ini
Total biaya Rp 5.570.000
Jumlah produksi blus 100 potong

Diketahui Biaya per produk Rp 55.700

Keuntungan yang di inginkan (30% X Rp 55.700)= Rp 16.710
Harga jual = Rp. 55.700,- + Rp. 16.710,- = Rp 72.410

Seandainya harga jual produk Anda terlalu tinggi, mungkin Anda dapat menurunkan besarnya keuntungan yang Anda tetapkan. Perlu Anda perhatikan pula bahwa jumlah produk yang rencananya Anda produksi tersebut, kemungkinan tidak semua blus akan laku terjual. Oleh karena itu Anda juga harus memiliki target minimal produk yang harus terjual. Jika melihat perhitungan di atas, untuk terhindar dari kerugian setidaknya Anda
harus menjual 77 potong blus dengan perhitungan Rp 5.570.000:Rp 72.410 = 77.
Jika anda bisa menjual lebih dari 77 potong maka Anda sudah memperoleh keuntungan sejumlah tertentu dari usaha produksi blus Anda.

Iklan

Tentang ysetianingsih

Saya bekerja sebagai pendidik di SMK Negeri 1 Purwojati jurusan TATA BUSANA. Mulai bertugas di SMK ini sejak tahun 2011 hingga saat ini.
Pos ini dipublikasikan di Pengetahuan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s