BUSANA SEMI TAILORING

  1. PENGERTIAN SEMI TAILORING

Tailoring adalah tehnik atau metode menjahit busana tingkat tinggi, dikenal pada abad ke 14 yang dipakai oleh kaum pria berupa jacket atau mantel ( jacket atau coat ), vest (waist coat ) dan celana ( trouser ). Pada awalnya jaket berkembang sebagai pakaian pria, teteapi mulai pertengahan abad ke 19 wanitapun mulai mengenakannya. Tailoring lebih identik dengan gaya mode kaum pria ( man tailored ) dengan detail detail yang kaku, bahan/material yang maskulin, seperti setelan jas pria (man-suit).  Sedangkan untuk kaum wanita seperti jas (jacket), celana, rok (skirt), maupun gaun(dress), dapat dibuat dengan tehnik tingkat tinggi ( tailored made ) atau dikenal dengan semi tailoring, dengan proses pembuatan sbb :

  1. tehnik penjahitan sderhana, tidak banyak menggunakan tangan.
  2. bahan pelapis tidak penuh atau sebagaian saja yang dilapis
  3. bahan yang digunakan sederhana seperti polyester atau bahan wool campuran.
  4. tehnik-tehnik penanganan yang halus
  5. gaya atau desain lebih luwes atau feminin.

Busana semi tailoring seperti jas (jackets) biasa dipakai bersama celana atau rok berupa pasangan atau setelan satu jenis (suit). Model (styles) dan detil-detil untuk jas (jackets) selalu berubah/berkembang sesuai dengan trend mode (fashion0 yang sedang berlaku, antara lain :

  • bentuk boxy ( kotak )
  • bentuk longgar
  • bentuk baggy ( kantong )
  • bentuk lurus
  • pas badan.

2. KLASIFIKASI BUSANA SEMI TAILORING BENTUK JAS ( JACKETS )

Bentuk atau gaya busana semi tailoring dapat dibuat dengan sangat variatif berupa jas ( jacket ), gaun (dress), atau setelan (suit). Bahan yang digunakan dapat dipilih sesuai dengan fungsi, kesempatan dan trend busana, demikian juga dengan metode pembuatannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang mungkin dapat membantu mengurangi waktu, fasilitas maupun dana yang dipergunakan menjadi lebih sederhana atau lebih murah dan mudah pembuatan pakaian tersebut.

Cardigan jacket

yaitu jacket tanpa kerah dengan model garis leher V atau bulat dengan bukaan di depan dan berlubang kancing. kata “Cardigan” diambil dr Eael of CArdigan dipakai semasa perang crimean.

cardigan-2 cardigan-1

Safari Jacket

Yaitu jacket yang desainnya banyak memakai saku, pada dada kiri, kanan dan dibawah garis pinggang kiri, kanan dan pada garis bahu ada ipolet dan memakai ban pinggang, biasanya dipakai sebagai busana untuk berburu atau disemak belukar.

jaket-safari safari-2

Batled Jacket

Jacket sepanjang pinggang, banyak saku mirip battle dress dan double – breasted bagian depan overlap, kancing dengan ritsluiting, pada masa perang dunia II dipakai oleh Angkatan darat Amerika. Model ini lebih banyak dikenakan oleh wanita muda sebagai casual jacket.

batled-jacket

Peplum Jacket

Peplum merupakan pototngan kain yang terpisah dalam bentuk rok melekat dengan dasar jacket atau badan bagian atas jacket dengan kerutan atau lipit peplum dating dari Greek Word peplos, dipakai oleh wanita greece kuno.

navy-peplum pepl peplum-chic pretty-peplum

Demikian sedikit pengetahuan tentang blazer atau busana semi tailoring, untuk materi tentang pola dan tehnik menjahitnya akan penulis poskan pada posting berikutnya. Inshaa Allah. Semoga bermanfaat. Terimakasih banyak atas kunjungan sahabat semua.

 

Iklan

Tentang ysetianingsih

Saya bekerja sebagai pendidik di SMK Negeri 1 Purwojati jurusan TATA BUSANA. Mulai bertugas di SMK ini sejak tahun 2011 hingga saat ini.
Pos ini dipublikasikan di materi belajar. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s