PERSIAPAN PEMOTONGAN BAHAN

Pemotongan bahan adalah proses yang sangat menentukan berhasil tidaknya proses pembuatan busana, apabila terdapat kesalahan pada saat pemotongan bahan bisa berakibat kegagalan dalam proses pembuatan busana sesuai pesanan atau desain. Ada beberapa hal yang harus diketahui dan dipersiapkan sebelum melakukan pemotongan bahan busana. yuk kita simak penjelasan di bawah ini….

Informasi penting tentang bahan tekstil dan bahan lainnya

Bahan tekstil yang akan kita potong memiliki banyak perbedaan antara jenis bahan yang satu dengan jenis bahan yang lainnya, agar tidak terjadi kesalahan pada saat menggunting bahan kita harus mengetahui tentang bahan tekstil tersebut. Salah satunya adalah tentang arah serat bahan. Ada 3 golongan bahan menurut arah seratnya, yaitu :

  1. Dua arah, lain arah atau bahan tekstil yang simetris

Bahan tekstil ini dapat diletakkan berhadapan satu sama lain kearah mana saja tanpa mempengaruhi hasil akhir garmen.  Ini memungkinkan bahan tekstil diletakkan pada kedua arah di meja potong.

Harus diperhatikan juga perihal bagian bahan yang baik dan buruk.

  1. Satu arah atau bahan tekstil yang tidak simetris

Bahan tekstil ini harus diletakkan dengan tumpukan yang menghadap pada satu arah, apakah seluruhnya menghadap satu arah atau seluruhnya menghadap ke arah yang lain.  Pola hanya dapat diletakkan pada satu arah, tidak dapat pada kedua arah.

Bahan tekstil ini termasuk juga bahan yang berbulu, bahan yang dirajut dimana benang vertikalnya menghadap ke arah yang sama dan bahan tekstil yang mempunyai desain khusus.

  1. Hanya satu arah

Bahan tekstil ini harus diletakkan dengan seluruh lembarannya menghadap arah yang sama polanya juga harus menghadap ke arah yang sama.

Bahan tekstil yang termasuk kelompok ini yang mempunyai bulu lebat dan yang mempunyai desain khusus.

 Menyiapkan untuk peletakan bahan

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum melakukan peletakkan pola pada bahan, yaitu :

  1. Jenis dan lebar bahan tekstil yang akan digunakan harus diperiksa pada semua instruksi pada lembar kerja.
  2. Meja potong kira-kira harus setinggi pinggang dan mempunyai panjang yang cukup untuk menempatkan perkiraan panjang bahan tekstil yang akan diletakkan.
  3. Semua peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan harus dikumpulkan sebelum memulai dan diperiksa apakah layak untuk digunakan.
  4. Area kerja, termasuk lantai harus bebas gangguan, bersih dan siap untuk digunakan.

Meletakkan lembaran bahan

Pada saat meletakkan atau menggelar bahan lakukan dengan cara yang benar sebagai berikut :

  • Lebarkan/gelar bahan tekstil di atas meja potong sesuai panjang yang dikehendaki dan lakukan ini dua kali, dan jika perlu, dapat dilakukan berulang kali untuk beberapa potong busana.
  • Periksa tegangan bahan pada setiap lembaran untuk memastikan tidak ada panjang yang tidak sama, atau bahan berkerut dalam lembaran.
  • Bagian pinggir bahan tekstil harus lurus dan setiap lapisan pinggirannya harus tumpang tindih secara tepat dan paralel sampai pinggiran meja potong.
  • Identifikasi kerusakan pada bahan, lalu beri tanda sebagai pertimbangan dalam peletakkan pola pada kain

Demikian beberapa hal penting yang harus kita ketahui dan kita lakukan dalam persiapan pemotongan bahan, semoga bermanfaat.

 

Iklan

Tentang ysetianingsih

Saya bekerja sebagai pendidik di SMK Negeri 1 Purwojati jurusan TATA BUSANA. Mulai bertugas di SMK ini sejak tahun 2011 hingga saat ini.
Pos ini dipublikasikan di Pengetahuan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s