Membuat Belahan Sembunyi Pada Kemeja

Belahan tersembunyi disebut juga belahan buta adalah belahan yang  berfungsi sebagai bukaan dan penutup dari suatu pakaian yang sekilas tidak kelihatan bentuknya.

Pada perkembangan decían busana, belahan tersembunyi tersebut dahulu diterapkan untuk jenis busana wanita dan anak, namun kemudian pada saat ini karena dipengaruhi oleh maraknya perkembangan busana muslim untuk pria, model belahan tersebut dipakai untuk busana pria jenis kemeja dengan tidak mengurangi kepantasan atau kemaskulinan seorang pria.

Belahan tersembunyi pada kemeja pria terletak pada bagian kiri sebagai pembuka dan penutup pakaian yang panjangnya menyesuaikan dari panjang kemeja tersebut (Proporsional) lewat garisnya yang lurus, bagian berlapis (dua lapis) yang  terletak tepat di bagian tengah depan kemeja dan digunaan untuk menjahit kancing/buah baju ini memberi kesan rapi, lebih berwibawa dan resmi.

Penggunaan bahan yang dipakai untuk belahan tersembunyi yaitu bahan pokok (bahan yang sama dengan bahan yang digunakan untuk bagian badan). Itu jika jenis bahan pokok halus dan tipis,  tetapi jika bahan pokok yang digunakan jenis bahan berbody/tebal, untuk menghindari penambahan ketebalan di bagian depan sebaiknya menggunakan bahan yang tipis, contohnya bahan furing dan usahakan warna yang sama agar serasi penampilannya.

Jenis kancing yang dipakai untuk belahan ini adalah jenis kancing pipih yang mempunyai lubang dua atau empat yang biasa dikenal dengan nama kancing kemeja namun ukurannya kecil, dengan lubang kancing dibuat arah memanjang sesuai dengan bentuk belahan tersebut.

Berikut ini akan kita pelajari tentang cara membuat belahan sembunyi, kita pelajari bersama langkah demi langkah.

Belahan Sembunyi

Sumber : https://www.alibaba.com/

Membuat Penutup Belahan Kemeja

Siapkan gambar pola kemeja bagian kiri depan. Pola yang dimaksud yaitu berupa pola kemeja yang belum ditambahkan kelebihan bagian untuk kancing.

Belahan Sembunyi

Untuk membuat penutup belahan kemeja tambahkan satu buah garis lurus sebagai penanda jahitan penutup belahan kemeja, tepatnya dibagian dalam pola kemeja bagian kiri dengan jarak 1 cm dari garis tengah pola kemeja.

Belahan Sembunyi

Buat pula satu buah garis lurus di luar pola kemeja dengan jarak 2 cm dari garis yang telah dibuat dari langkah sebelumnya.

Belahan Sembunyi

Buat beberapa buah titik penanda diluar garis yang telah dibuat sebelumnya dengan jarak 2 cm kemudian hubungkan menjadi garis lurus. Bagian ini nantinya akan menjadi lapis kedua dari penutup belahan.

Belahan Sembunyi

Untuk membuat rumah kancing yang tersembunyi dibalik penutup belahan kemeja buat satu buah garis lurus dengan jarak 1.8 cm dari garis yang dibuat dari langkah sebelumnya.

Belahan Sembunyi

Kemudian tambahkan satu buah garis lurus diluar garis pola yang dibuat dari langkah sebelumnya dengan jarak 1.8 cm.

Belahan Sembunyi

Tambahkan kampuh sebesar 1 cm sebagai ruang untuk menjahit belahan.

Belahan Sembunyi

Lipat pola kemeja sesuai garis penanda yang telah dibuat.

Belahan Sembunyi

Belahan Sembunyi

Pertama lipat kampuh belahan kemeja ke arah belakang pola. Lipat pula bagian pola yang difungsikan sebagai rumah kancing menjadi dua bagian.

Belahan Sembunyi

Belahan Sembunyi

Kemudian selesaikan penutup belahan kemeja dengan cara melipatnya seperti gambar berikut.

Belahan Sembunyi

Belahan Sembunyi

Terakhir sisipkan kampuh belahan kemeja diantara lipatan rumah kancing dan penutup belahan kemeja.

Belahan Sembunyi

Belahan Sembunyi

Belahan Sembunyi

Belahan Sembunyi

Membuat Bagian Kancing Kemeja

Siapkan gambar pola kemeja bagian kanan depan. Pola yang dimaksud yaitu berupa pola kemeja yang belum ditambahkan kelebihan bagian untuk kancing.

Tempat Kancing

Untuk membuat tempat kancing tambahkan satu buah garis lurus sebagai penanda jahitan belahan, tepatnya dibagian dalam pola kemeja bagian kanan dengan jarak 0.9 cm dari garis tengah pola kemeja.

Tempat Kancing

Buat pula satu buah garis lurus di luar pola kemeja dengan jarak 1.8 cm dari garis yang telah dibuat dari langkah sebelumnya.

Tempat Kancing

Buat beberapa buah titik penanda diluar garis yang telah dibuat sebelumnya dengan jarak 1.8 cm kemudian hubungkan titik-titik tersebut menjadi garis lurus.

Tempat Kancing

Tambahkan kampuh sebesar 1 cm sebagai ruang untuk menjahit belahan.

Tempat Kancing

 

Selanjutnya lipat pola bagian kanan kemeja sesuai garis penanda yang telah dibuat seperti gambar berikut.

Belahan Sembunyi

Belahan Sembunyi

Belahan Sembunyi

Untuk memastikan kesesuaian penutup belahan kemeja bagian kiri dengan kancing kemeja bagian kanan, sahabat Fitinline bisa mencoba untuk menempatkan penutup belahan kemeja di atas pola kemeja bagian kanan.

Belahan Sembunyi

Buat beberapa garis penanda untuk membuat lubang kancing pada bagian dalam lapisan tersembunyi. Sesuaikan jumlah lubang kancing dengan banyaknya kancing yang akan dipasang pada kemeja.

Belahan Sembunyi

Belahan Sembunyi

Lebih jelasnya sahabat sekalian bisa menyimak video tutorial berikut.

Sumber: Fitinline.com: Membuat Belahan Sembunyi Pada Kemeja

Iklan

Tentang ysetianingsih

Saya bekerja sebagai pendidik di SMK Negeri 1 Purwojati jurusan TATA BUSANA. Mulai bertugas di SMK ini sejak tahun 2011 hingga saat ini.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s