Membuat Aplikasi

Aplikasi merupakan salah satu teknik menghias permukaan bahan kain dengan cara menempelkan potongan kain pada bahan kain lain yang lebih lebar atau kain yang akan dihias, selanjutnya diselesaikan dengan jahit tangan atau teknik sulam. Bahan aplikasi yang dipilih dapat berupa bahan polos atau bercorak tergantung dari desain, bahan yang agak kaku, bahan yang tidak mudah bertiras dan tidak mudah luntur.

Jahit Aplikasi

Sumber : http://www.madetosew.com/

Proses pembuatan aplikasi pada kain secara keseluruhan dapat dikerjakan dengan tusuk feston, tusuk jelujur, tusuk kelim dan lain sebagainya. Sementara untuk membuat bentuk garis, titik dan lain-lain dapat digunakan tusuk-tusuk hias, seperti tusuk tangkai, tusuk tikam jejak, tusuk rantai, maupun tusuk pipih.

Jahit Aplikasi

Sumber : http://bengkelsimulakrum.blogspot.co.id/

Teknik jahit aplikasi yang dapat diterapkan untuk menghias bahan kain sendiri terbagi atas berbagai macam variasi, mulai dari jahit aplikasi standart, potong sisip, potong motif, lipat potong, dan pengisian.

Jahit Aplikasi

Sumber : http://www.allpeoplequilt.com/

Jahit Aplikasi Standart

Jahit aplikasi standard (onlay) merupakan teknik membuat benda kerajinan tekstil yang dikerjakan dengan cara membuat gambar pada kain, kemudian digunting. Potongan kain tersebut kemudian ditempel pada lembaran kain lainnya dan dijahit dengan teknik sulam.

Jahit Aplikasi

Sumber : http://sewlikemymom.com/

Potong Sisip

Jahit aplikasi potong sisip (inlay) merupakan teknik menghias permukaan kain yang dikerjakan dengan melubangi bagian dasar kain yang telah digambar dengan motif tertentu. Kain yang sudah berlubang tersebut kemudian diberi tempelan kain yang berbeda warna dan diselesaikan dengan tusuk hias feston atau dijahit menggunakan mesin bordir.

Jahit Aplikasi

Sumber : http://judys-journal.blogspot.co.id/

Potong Motif

Jahit aplikasi potong motif merupakan teknik menghias permukaan kain dengan cara memotong motif yang ada pada kain, kemudian ditempel pada permukaan kain. Teknik penyelesaiannya sama dengan jahit aplikasi yang lain.

Jahit Aplikasi

Sumber : http://www.diaryofaquilter.com/

Lipat Potong

Jahit aplikasi lipat potong termasuk kedalam salah satu teknik menghias permukaan kain yang dapat dikerjakan dengan tangan atau mesin. Caranya pembuatannya yaitu mula-mula lembaran kain dilipat dan dipotong sesuai bentuk yang diinginkan kemudian ditempel pada dasar kain dan diselesaikan dengan tusuk feston. Teknik aplikasi biasanya dikombinasikan dengan sulam datar.

Jahit Aplikasi

Sumber : http://bunnyhillblog.com/

Pengisian

Jahit aplikasi dengan pengisian merupakan  teknik menghias permukaan kain yang dikerjakan secara manual atau mesin. Cara pembuatanya hampir sama seperti pada jahit tindas, bedanya terdapat penambahan potongan kain yang berbeda warna. Pengisi susulan dapat juga ditambahkan dengan penambahan renda dan pita penyelesaian sama dengan teknik aplikasi yang lain.

Jahit Aplikasi

Sumber : http://aurifilthreadaustralia.com.au/

Semoga bermanfaat.

Sumber: Fitinline.com: 5 Macam Teknik Jahit Aplikasi

Iklan

Tentang ysetianingsih

Saya bekerja sebagai pendidik di SMK Negeri 1 Purwojati jurusan TATA BUSANA. Mulai bertugas di SMK ini sejak tahun 2011 hingga saat ini.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

2 Balasan ke Membuat Aplikasi

  1. hana berkata:

    ini yang saya cari, terimakasih infonya bu guru,..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s