7 Perbedaan Teknik Draping dan Teknik Konstruksi

Teknik draping dan teknik konstruksi dikenal sebagai dua macam teknik paling populer yang biasa diterapkan dalam pembuatan pakaian. Hasil akhir dari proses pembuatan pola baju dengan  teknik  draping  dan  teknik  konstruksi  akan  sama-sama  menghasilkan  pola dasar. Tetapi  pada  teknik  daping  pecah  pola  sesuai  model  dapat  dibuat  langsung  di  atas dressform tanpa membuat pola dasar terlebih dahulu.

Teknik Drapping dan Konstruksi

Sumber : http://www.denimjeansobserver.com/

Sementara pada teknik konstruksi, pecah pola biasa dibuat dari hasil pengembangan pola dasar berdasarkan ukuran badan seseorang yang telah dibuat sebelumnya. Untuk mengetahui perbedaan mendasar yang terdapat pada proses pembuatan pola baju dengan teknik draping dan teknik konstruksi, simak yuk pembahasan berikut ini.
Teknik Drapping dan Konstruksi

Sumber : http://www.denimjeansobserver.com/

Teknik Draping Teknik Konstruksi
Pola dengan teknik draping dibuat langsung  pada  tiruan  badan  manusia  (dummy,  dress  form,  atau  paspop). Pola  dengan  teknik  kontruksi  dibuat  dengan  meja  datar.
Pembuatan pola baju dengan teknik draping, tidak membutuhkan ukuran karena pola pakaian dibuat secara langsung pada boneka jahit. Pembuatan pola baju dengan teknik konstruksi membutuhkan ukuran yang banyak dan lengkap sesuai desain yang akan dibuat.
Pembuatan pola pakaian dengan teknik draping tidak membutuhkan waktu terlalu banyak. Proses pembuatan pola baju dengan teknik konstruksi membutuhkan waktu yang relatif banyak.
Pola pakaian dapat dibuat secara langsung sesuai desain rancangan yang telah dibuat sebelumnya. Sebelum mengubah pola sesuai desain, seorang pattern maker harus membuat pola dasar terlebih dahulu.
Teknik draping tidak memerlukan perhitungan yang cermat dan teliti. Teknik konstruksi membutuhkan perhitungan yang cermat, tepat, dan teliti.
Bahan yang digunakan dalam pembuatan pola baju dengan teknik draping adalah kain blacu  atau  kertas  singkong. Bahan  yang  digunakan  dalam  pembuatan  pola dengan teknik konstruksi adalah kertas pola.
Pola  baju yang dibuat dengan  teknik  draping  berbentuk  tiga dimensi. Pola  baju yang diciptakan dengan  teknik  konstruksi  berbentuk  dua  dimensi.

Teknik Draping

Teknik Drapping

Sumber : http://www.istituticallegari.in/

Teknik Drapping

Sumber : https://snipsandsnippets.wordpress.com/

Teknik Drapping

Sumber : https://www.pinterest.com/

Teknik Konstruksi

Teknik Konstruksi

Sumber : http://www.wisegeek.org/

Teknik Konstruksi

Sumber : http://roadbikeaction.com/

Teknik Konstruksi

Sumber : http://jenrocket.com/

Buat yang ingin mencoba pola konstruksi siap pakai bisa kunjungi halaman kami, klik gambar di bawah ini.

Pola Baju

Semoga bermanfaat.

Sumber: Fitinline.com: 7 Perbedaan Teknik Draping dan Teknik Konstruksi

Iklan

Tentang ysetianingsih

Saya bekerja sebagai pendidik di SMK Negeri 1 Purwojati jurusan TATA BUSANA. Mulai bertugas di SMK ini sejak tahun 2011 hingga saat ini.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s