Pengertian dan Sejarah Singkat Longtorso

Longtorso merupakan salah satu item pelengkap busana yang biasa dikenakan bersama kebaya. Tujuannya adalah untuk membentuk tubuh menjadi lebih indah, lebih ramping, dan lebih tegap. Dengan begitu bentuk tubuh dan punggung anda akan terlihat lebih ideal dan proporsional. Istilah longtorso sendiri dalam bahasa Perancis dapat diartikan sebagai pakaian dalam perempuan.

Longtorso

Sumber : http://www.solokebaya.net/

Jauh sebelum ditemukan model longtorso yang berkembang saat ini, para wanita di pulau Crete biasa memakai korset yang berpenyangga dari tulang. Tujuannya bukan untuk menopang tubuh atau memperbaiki bagian tubuh, melainkan untuk menonjolkan bagian payudara dan lekuk pinggang mereka.

Longtorso

Sumber : http://www.model-kebaya.com/

Memasuki abad ke-16, pemakaian longtorso lebih banyak dimaksudkan untuk meratakan payudara dan mengecilkan pinggang. Sebab para wanita yang hidup di zaman Renaisme sebagian besar ingin memiliki payudara berbentuk kerucut, perut datar, dan pinggang yang kecil.

Longtorso

Sumber : http://www.organiccorsetusa.com/

Karena mendapat banyak tentangan dari para ahli kesehatan, lantaran longtorso yang dipakai para wanita dikhawatirkan akan menekan organ dalam mereka dan membuat rusuk berpindah dari posisinya semula, trend penggunaan longtorso sempat mengalami penurunan sejak saat itu juga.

Longtorso

Sumber : http://www.dailymail.co.uk/

Barulah kemudian pada abad ke-18 para perancang busana kembali mempopulerkan long torso dengan bahan dan rancangan yang berbeda untuk meminimalisir efek samping yang berbahaya dan memberikan rasa nyaman saat digunakan oleh pemakainya.

Longtorso

Sumber : http://www.iklan1000.com/

Sejak abad ke-19 long torso tidak hanya digunakan untuk membentuk tubuh bagian atas, tetapi juga dimanfaatkan untuk membentuk bagian paha dengan menambahkan celana yang menyerupai stocking. Meski pada kenyataannya bentuk long torso yang digunakan hingga bawah lutut kurang diminati oleh masyarakat.

Longtorso

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Meski mengalami begitu banyak perubahan, namun sampai saat ini longtorso tetap digemari oleh para wanita untuk tujuan memperbaiki bentuk tubuh yang tidak sempurna khususnya pada bagian payudara, pinggang, dan bentuk punggung. Bahan yang digunakan juga sangat nyaman dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya.

Longtorso

Sumber : http://fjb.kaskus.co.id/

Karena banyak menampilkan bentuk dan lekuk tubuh wanita, longtorso tersebut pada perkembangannya mulai diadaptasi sebagai model baju yang banyak digemari oleh masyarakat barat.

Semoga bermanfaat.

Sumber: Fitinline.com: Pengertian dan Sejarah Singkat Longtorso

Iklan

Tentang ysetianingsih

Saya bekerja sebagai pendidik di SMK Negeri 1 Purwojati jurusan TATA BUSANA. Mulai bertugas di SMK ini sejak tahun 2011 hingga saat ini.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s