Penyelesaian Pembuatan Kain Tekstil Dengan Senyawa Resin

Penyempurnaan resin merupakan salah satu teknik finishing bahan kain secara kimia yang dilakukan dengan menggunakan resin sintetik, sejenis senyawa organik yang memiliki struktur rumit dan mempunyai berat molekul yang tinggi. Pada proses finishing tekstil berlangsung resin harus dibentuk didalam serat, karena resin pada permukaan akan menyebabkan kekakuan bahan yang tinggi.

Tahan Kusut

Mekanisme kerja yang diterapkan untuk membuat kain yang tahan terhadap kusut dapat dilakukan dengan mengisi pori-pori serat tekstil menggunakan senyawa resin. Dengan begitu serat tersebut akan mempunyai daya lenting yang baik untuk mencegah serat terlipat dan menjadi mudah kusut.

Resin Fabric

Sumber : https://wallpaperscraft.com/

Tahan api

Penyempurnaan bahan kain tahan api dapat dilakukan dengan menggunakan garam yang memiliki titik leleh sangat rendah atau dengan menggunakan garam yang mudah membentuk senyawa oksida. Tujuan utamanya adalah untuk melokalisir atau memperlambat nyala api.

Resin Fabric

Sumber : http://www.smartclima.com/

Anti Mengkeret

Penyempurnaan resin semacam ini dimaksudkan untuk mencegah timbulnya kerutan pada bahan setelah dilakukan proses pencucian berulang kali.  Resin tersebut akan melapisi dan mengikat anyaman tenun atau jeratan rajut dan menjadi penjaga stabilitas dimensi kain sehingga kain tidak mudah susut saat pencucian.

Resin Fabric

Sumber : https://www.fabric-online.co.uk/

Tahan Air Dan Tolak Air

Resin tolak air biasa digunakan untuk menghasilkan bahan kain yang dapat dilalui air namun tidak basah separti bahan jas hujan, payung, kap mobil, atau tenda terpal. Sementara resin tahan air biasa digunakan untuk membuat pakaian renang yang sama sekali tidak dapat dilalui oleh air.

Resin Fabric

Sumber : http://www.tygarment.com/

Anti Slip

Pelapisan bahan tekstil dengan resin anti slip dapat dilakukan untuk menjaga agar benang-benang dalam kain tetap stabil dan tidak mudah merenggang.

Resin Fabric

Sumber : http://www.fabricfanatics.com.my/

Anti Static

Resin antistatic mengandung ion-ion atau muatan listrik yang berlawanan dengan muatan listrik sehingga dapat digunakan untuk menghilangkan atau menetralisisr kandungan listrik statis pada kain. Sebab keberadaan listrik statis pada bahan tekstil akan menyebabkan kain tidak nyaman dipakai, mudah kotor, dan parahnya dapat mengganggu kesehatan.

Resin Fabric

Sumber : http://www.sanyuan-textile.com/

Anti Serangga

Penggunaan resin yang mengandung zat antiseptic dapat difungsikan untuk mematikan setiap kuman dan bakteri yang melekat pada bahan kain. Penyempurnaan anti serangga biasa dilakukan pada jenis-jenis kain yang akan digunakan di pusat pelayanan kesehatan atau rumah sakit.

Resin Fabric

Sumber : http://www.frdrotex.com/

Anti Jamur

Proses pengerjaan kain anti jamur biasa dilakukan dengan senyawa resin yang dapat mencegah kelembaban kain sekaligus mencegah pertumbuhan dan perkembangan jamur pada bahan kain.

Resin Fabric

Sumber : http://www.modes4u.com/

Anti karat

Penyempurnaan anti karat dilakukan pada bahan tekstil yang beresiko tinggi untuk berkarat karena berhubungan dengan besi seperti kain untuk kereta bayi, tas, payung, dan ransel.

Resin Fabric

Sumber : http://id.aliexpress.com/

Lipat Permanent

Penyempurnaan lipat permanent biasa dilakukan dengan bantuan resin yang dimasukkan pada mesin pelipit sekaligus pemanas untuk mendapatkan bentuk tertentu sesuai kebutuhan. Beberapa contoh kain yang dibuat dengan teknik lipit permanent diantaranya berupa gorden, rok, kerah jas, dan sudut celana.

Resin Fabric

Sumber : http://www.internationalpleating.com/

Turbenasi

Penyempurnaan turbenasi dapat diterapkan untuk membuat kain menjadi lebih kaku.  Pengerjaannya dilakukan dengan cara meletakkan bahan termoplastis di antara dua kain, kemudian dilewatkan pada rol bersuhu 100-1800C dengan diberi tekanan.

Resin Fabric

Sumber : http://indonesian.alibaba.com/

Wash & Wear

Finishing wash & wear biasa dilakukan untuk menghasilkan bahan yang cepat kering dan tidak kusut setelah dicuci. Dalam proses penyelesaian wash & wear terjadi reaksi pelapisan (coating) oleh resin termosetting.

Resin Fabric

Sumber : http://www.globaloue.com/

Demikian tentang proses penyempurnaan kain dengan resin sintetik, sejenis senyawa organik yang memiliki struktur rumit dan mempunyai berat molekul yang tinggi.
Semoga bermanfaat.

Sumber: Fitinline.com: Penyelesaian Pembuatan Kain Tekstil Dengan Senyawa Resin

Iklan

Tentang ysetianingsih

Saya bekerja sebagai pendidik di SMK Negeri 1 Purwojati jurusan TATA BUSANA. Mulai bertugas di SMK ini sejak tahun 2011 hingga saat ini.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s