Jenis Manekin

Manekin sangat erat hubungannya dengan dunia fashion dan tidak terpisahkan dari bisnis fashion. Manekin merupakan patung-patung yang dipakai untuk memeragakan busana-busana yang dijual di toko busana. Manekin adalah patung cantik dengan bentuk tubuh yang sempurna yang dipasangkan busana apapun akan tetap terlihat bagus, cantik dan pantas. Namun manekin tidak bisa memiliki ekspresi apapun selain 1 ekspresi, manekin tidak bisa sedih, senang maupun marah. Manekin memiliki bentuk dan ukuran yang beragam, ada beberapa jenis manekin yang paling sering digunakan, terutama di department store di Indonesia.

Manekin Tanpa Kepala, manekin paling standart dan paling banyak digunakan di toko-toko busana. Bentuknya sangat standart, hanya bentuk badan yang ideal tanpa ada kepala. Terkadang manekin ini juga tak ada kakinya atau penyangganya. Warnanya biasanya hitam, putih atau warna kulit. Manekin ini meyiratkan bahwa, siapapun anda pasti akan cocok mengenakan busana yang dikenakan manekin tersebut.

Manekin Tanpa Kepala

Manekin Tanpa Kepala

Sumber: http://www.dinomarket.com

Manekin Tanpa Kepala

Sumber: http://www.colourbox.com

Manekin Muka Pucat, merupakan manekin klasik yang banyak digunakan di tempat-tempat perbelanjaan tua. Manekin muka pucat adalah sebuah manekin dengan wajah wanita atau pria yang berusaha dibuat realistis, namun hasilnya gagal.

Manekin Muka Pucat

Manekin Muka Pucat

Sumber: http://malesbanget.com

Manekin Muka Pucat

Sumber: http://www.indiamart.com

Manekin Wanita, merupakan manekin wanita yang dibuat paling realistis. Manekin ini biasanya digunakan di toko-toko yang menjual baju yang cenderung formal atau baju untuk wanita dewasa.

Manekin Wanita

Manekin Wanita

Sumber: http://www.ebay.com.au

Manekin Funky, merupakan sebuah manekin wanita dengan rambut warna-warni dan muka super ceria. Manekin ini biasa dipakai di butik-butik yang menjual busana anak muda yang gaul, funky, trendy, serta masa kini.

Manekin Funky

Manekin Funky

Sumber: http://malesbanget.com

Manekin Funky

Sumber: http://www.fuzing.com

Manekin Anak Muda, merupakan manekin yang paling populer di kalangan butik-butik di department store yang ada di Indonesia yang menjual busana untuk wanita muda. Manekin ini biasanya ada dua jenis, yang berkulit terang dan berkulit gelap. Secara umum, manekin ini cukup menggambarkan anak muda, dan uniknya manekin ini sengaja dibuat dengan mulut yang agak dimonyongkan.

Manekin Anak Muda

Manekin Anak Muda

Sumber: http://malesbanget.com

Manekin Balon, selain berbentuk manusia, manekin juga ada yang terbuat dari plastik elastis yang bisa ditiup dengan udara. Umumnya manekin ini untuk display sebuah celana, karena baru tersedia manekin balon 1/2 badan kebawah.

Manekin Balon

Manekin Balon

Sumber: http://www.productsdb.com

Manekin Manusia, merupakan manusia yang berpose seperti manekin. Manekin ini terdapat di beberapa toko busana yang ada di Bali. Biasanya manekin manusia berpose tanpa gerak selama sekitar 15 menit. Tujuannya untuk menarik perhatian para pengunjung. Namun, tak setiap hari manekin hidup itu dipajang, hanya hari Sabtu dan minggu atau jika ada acara tertentu. Kriteria model tak diterapkan untuk menyeleksi manekin hidup yaitu remaja, punya karakter, jutek (cobaan terberat menjadi manekin hidup adalah menahan godaan, jadi harus jutek). Agar semirip mungkin dengan manekin, sebaiknya manekin manusia tak sering berkedip. Berminatkah anda menjadi manekin hidup.

Manekin Manusia

Manekin Manusia

Sumber: http://nasional.news.viva.co.id

Manekin Manusia

Sumber: http://nasional.news.viva.co.id

Demikian beberapa jenis manekin, semoga artikel kali ini bisa menambah pengetahuan anda Sahabat semua. Semoga bermanfaat.

Sumber: Fitinline.com: Jenis Manekin

Iklan

Tentang ysetianingsih

Saya bekerja sebagai pendidik di SMK Negeri 1 Purwojati jurusan TATA BUSANA. Mulai bertugas di SMK ini sejak tahun 2011 hingga saat ini.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s