5 Teknik Penyempuraan Kain Secara Kimia

Sesuai dengan namanya teknik penyempuraan bahan kain secara kimia dapat dikategorikan kedalam proses penyempuraan basah karena melibatkan beberapa senyawa atau zat kimia dalam proses pengerjaannya, sehingga hasil akhir yang diperoleh umumnya cenderung bersifat permanen.  Teknik finishing yang termasuk kedalam jenis proses penyempurnaan basah tersebut diantaranya berupa merserisasi, perkamen, swiss finish, creping, serta penyempuraan resin.

Penyempurnaan Kimia

Sumber : http://www.onlineclothingstudy.com/

Merserisasi

Proses merserisasi dapat dilakukan dalam bentuk benang atau kain, baik kain grey maupun kain yang telah dimasak atau dicelup. Proses merserisasi sendiri akan mengakibatkan pelepasan puntaran serat (convolution) dan menghasilkan penampang serat yang lebih silindris. Jenis senyawa kimia yang biasa digunakan dalam proses merserisasi yaitu berupa NaOH 30-360Be (± 25% larutan NaOH).

Penyempurnaan Kimia

Sumber : http://www.toreuse.com/

Perkamen

Perkamen merupakan proses penyempurnaan khusus yang dilakukan untuk menghasilkan bahan kain yang bersifat kaku (stiff) dan transparan dengan bantuan asam sulfat pekat. Kesulitan yang sering terjadi dalam proses perkamen antara lain kurangnya pengawasan yang teliti terhadap konsentrasi asam, suhu, dan waktu.

Penyempurnaan Kimia

Sumber : http://www.aliexpress.com/

Swiss Finish

Swiss finish merupakan salah satu teknik finishing kain yang ditemukan oleh Heberlein. Proses swiss finish sendiri memiliki banyak kemiripan dengan merserisasi biasa namun dilakukan pada suhu 0-100C. Efeknya dapat ditingkatkan dengan penggunaan asam sulfat pada konsentrasi 510Be (65% larutan H2SO4).

Penyempurnaan Kimia

Sumber : http://www.cosplayisland.co.uk/

Creping

Proses creping merupakan salah satu metode yang dapat dilakukan dilakukan untuk menghasilkan permukaan bahan kain yang keriput. Proses creping dapat dilakukan dengan mencelupkan bahan dalam larutan yang dapat menggelembungkan serat kemudian disetrika pada suhu yang tinggi. Dengan begitu bahan kain akan mengkerut secara otomatis sehingga permukaannya menjadi tidak rata.

Penyempurnaan Kimia

Sumber : http://www.aliexpress.com/

Penyempurnaan Resin

Penyempurnaan resin merupakan salah satu cara paling efektif yang dapat dilakukan untuk menciptakan berbagai macam karekteristik bahan kain. Mulai dari tahan kusut, tahan api, anti mengkeret, tahan air dan tolak air, anti slip, anti statik, anti serangga, anti jamur, hingga anti karat.

Penyempurnaan Kimia

Sumber : https://www.youtube.com/

Semoga bermanfaat.

 

Sumber: Fitinline.com: 5 Teknik Penyempuraan Kain Secara Kimia

Iklan

Tentang ysetianingsih

Saya bekerja sebagai pendidik di SMK Negeri 1 Purwojati jurusan TATA BUSANA. Mulai bertugas di SMK ini sejak tahun 2011 hingga saat ini.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s