7 Jenis Kain Untuk Membuat Kemeja

Kemeja merupakan sejenis pakaian penutup tubuh bagian atas yang dilengkapi dengan kerah, saku, dan kancing pada bagian depannya. Selain desain dan tampilannya yang cukup beragam, jenis bahan kain yang biasa digunakan untuk membuat kemeja  juga sangat bervariasi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Sebut saja kain katun, kain oxford, kain chambray, kain denim, kain flanel, kain acrylic, hingga kain drill.

Kemeja

Sumber : http://shopping.rediff.com/

Kain Katun

Kain katun atau cotton termasuk kedalam jenis kain rajut (knitting) yang terbuat dari berbahan dasar serat kapas. Kain ini memiliki karakteristik tidak mudah kusut saat dicuci, tidak luntur untuk bahan berwarna, sedikit kaku namun terasa dingin dan menyerap keringat sehingga sangat nyaman saat digunakan sebagai bahan kemeja.

Kemeja

Sumber : http://swipelife.com/

Kain Oxford

Kain oxford merupakan sejenis bahan kain yang biasa digunakan untuk kemeja kantoran, seragam kerja, dan seragam sekolah. Tekstur kainnya cenderung rata dan memiliki tampilan seperti titik-titik pixel dalam resolusi gambar menjadikan kemeja yang dibuat dari bahan oxford tetap terasa nyaman saat digunakan untuk gaya casual maupun formal.

Kemeja

Sumber : http://www.selectism.com/

Salah satu merek kain oxford yang banyak digunakan untuk membuat kemeja yaitu berupa kain taipan tropical. Kualitas bahan taipan tropical yang digunakan sebagai bahan kemeja dapat disesajarkan dengan kain japan drill. Hanya saja tekstur kain taipan tropical tidak bergaris-garis miring seperti halnya bahan drill.

Kemeja

Sumber : http://porhomme.com/

Kain Chambray

Kain chambray yang memiliki tampilan fisik seperti bahan denim namun terkesan lebih halus dan lembut kerena diciptakan dari serat alami berupa kapas merupakan salah satu jenis bahan yang cukup populer untuk membuat kemeja. Permukaan kainnya yang lembut mampu memberikan rasa nyaman tersendiri saat dikenakan sebagai pakaian musim panas.

Kemeja

Sumber : http://www.selectism.com/

Kain Denim

Kain denim merupakan sejenis bahan kain yang terbuat dari katun twill namun terkesan lebih halus dan tipis. Selain dimanfaatkan sebagai bahan celana, rok, maupun tas, kain denim ini juga dapat digunakan sebagai bahan kemeja.  Bahkan pada perkembangannya kain denim yang terkesan keras juga dijadikan bahan untuk membuat busana batik.

Kemeja

Sumber : http://styledoctors.com/

Kain Flanel

Kain flanel merupakan sejenis bahan kain yang memiliki permukaan lembut dan halus karena dibuat melalui serangkaian proses pemanasan dan penguapan. Bahan kain flanel sendiri memiliki karakteristik yang cukup tebal sehingga mampu memberikan rasa hangat kepada pemakainya.

Kemeja

Sumber : http://fashionndesign.com/

Kain Acrylic

Kain acrylic merupakan jenis kain yang biasa dimanfaatkan untuk membuat kemeja pria yang penggunaannya dapat dikombinasikan dengan rompi berbahan light weight wools.

Kemeja

Sumber : https://wanelo.com/

Kain Drill

Kain drill merupakan sejenis bahan kain yang cenderung halus dan lembut serta dingin. Kain drill mempunyai tekstur berupa garis miring pada dua sisi bahannya dan dapat dijumpai dalam berbagai macam merk bahan, sebut saja merek japan drill, american drill, dan local drill.

Kemeja

Sumber : http://www.safetyquip.com.au/

Semoga bermanfaat

Sumber: Fitinline.com: 7 Jenis Kain Untuk Membuat Kemeja

 

Iklan

Tentang ysetianingsih

Saya bekerja sebagai pendidik di SMK Negeri 1 Purwojati jurusan TATA BUSANA. Mulai bertugas di SMK ini sejak tahun 2011 hingga saat ini.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s