Tips Menjahit Kain Satin

Kain Satin merupakan jenis kain bertekstur licin, halus dan mengkilap yang dibuat dengan cara ditenun menggunakan teknik serat filamen. Kesan glamor yang terpancar dari kain satin, menjadikannya sebagai salah satu alternatif untuk membuat blouse wanita, gaun malam, gaun pernikahan serta dasi dan kemeja untuk pakaian pria. Mengingat permukaannya yang licin, dalam menjahit kain satin dibutuhkan teknik dan keahlian tersendiri. Simak yuk…

Sumber: Fitinline.com: Tips Menjahit Kain Satin

Kain Satin merupakan jenis kain bertekstur licin, halus dan mengkilap yang dibuat dengan cara ditenun menggunakan teknik serat filamen. Kesan glamor yang terpancar dari kain satin, menjadikannya sebagai salah satu alternatif untuk membuat blouse wanita, gaun malam, gaun pernikahan serta dasi dan kemeja untuk pakaian pria. Mengingat permukaannya yang licin, dalam menjahit kain satin dibutuhkan teknik dan keahlian tersendiri. Berikut beberapa tips menjahit kain satin yang bisa diterapkan dalam menyelesaikan proyek menjahit busana.

 

Menjahit Kain Satin

Sumber : http://www.vastkid.com/

Menjahit Kain Satin

Sumber : http://www.wisegeek.com/

Teknik pemotongan bahan yang tepat menjadi salah satu hal penting yang wajib diperhatikan dalam pembuatan busana atau produk fashion lain yang memanfaatkan bahan dasar kain. Oleh karena itu untuk mengantisipasi timbulnya tepian kain satin yang berjumbai usahakan untuk menggunakan gunting yang sangat tajam sehingga potongan yang dihasilkan terkesan lebih rapi dan tidak merusak tampilan kain.

Menjahit Kain Satin

Sumber : http://www.instructables.com/

Ingin belajar menjahit? Klik Disini untuk melihat video tutorial menjahit.

Permukaan kain satin memiliki karakteristik berkilau atau mengkilap, oleh karena itu dalam menempatkan potongan-potongan pola pada bahan kain usahakan semua bagian nantinya akan dipotong dengan cara yang sama. Karena kesalahan pemotongan kain akan menimbulkan efek yang berbeda jika dilihat dengan seksama.

Menjahit Kain Satin

Sumber : http://didyoumakethat.com/

Sematkan jarum pentul dengan sangat hati-hati untuk menghindari timbulnya lubang-lubang yang tidak diinginkan pada kain. Dalam pemberian tanda pola pada bagian buruk kain gunakan kapur jahit atau pensil yang tidak terlalu mencolok sehingga garis tersebut mudah dihilangkan dengan cara pencucian.

Menjahit Kain Satin

Sumber : http://fivemuses.blogspot.com/

Ingin belajar membuat pola baju? Klik Disini untuk men-download polanya.

Jahit kain sesuai dengan tanda garis pola yang sudah dibuat menggunakan jarum dan benang jahit yang berkualitas baik. Dalam menjahit kain satin sesuaikan ketegangan benang dan injakan pedal mesin jahit untuk membuat setikan berjarak agak longgar untuk mencegah kerutan pada jahitan yang dihasilkan.

Menjahit Kain Satin

Sumber : http://www.123rf.com/

Menjahit Kain Satin

Sumber : http://skirtastop.com/

Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Iklan

Tentang ysetianingsih

Saya bekerja sebagai pendidik di SMK Negeri 1 Purwojati jurusan TATA BUSANA. Mulai bertugas di SMK ini sejak tahun 2011 hingga saat ini.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s