Fitinline.com: Pattern Maker

Dalam proses produksi pakaian, orang yang bertanggung jawab dalam membuat pola menjahit baju dikenal sebagai pattern maker. Tugasnya adalah membuat draft dari bentuk dan ukuran yang ditentukan di atas kertas atau mengerjakan pola  baju menggunakan software komputer. Simak yuk…

Sumber: Fitinline.com: Pattern Maker

Dunia fashion memang tidak pernah berdiri sendiri namun memiliki keterkaitan dan saling membutuhkan satu sama lain. Dengan kata lain, sebuah busana yang dipajang di etalase atau diperagakan oleh model di panggung mode, tidak sepenuhnya berasal dari desainer busana semata. Karena pada hakikatnya proses pembuatan pakaian tidak hanya terbatas pada sketsa baju saja, namun juga berfokus pada hal-hal lain yang berkaitan dengan technical design, seperti membuat pola busana dan menjahit.

Pattern Maker

Sumber : http://www.misionmisericordia.com

Dalam proses produksi pakaian, orang yang bertanggung jawab dalam membuat pola menjahit baju tersebut dikenal sebagai pattern maker. Seorang pattern maker sangat dibutuhkan dalam industri skala besar atau mass market. Tugasnya adalah membuat draft dari bentuk dan ukuran yang ditentukan di atas kertas atau mengerjakan pola menjahit baju dikomputer menggunakan software CAD (Computer Aided Design).

Pattern Maker

Sumber : http://www.theurbanapparel.com

Tujuan utama dari pembuatan pola menjahit baju secara komputerisasi adalah meningkatkan effisiensi penggunaan bahan kertas atau karton karena arsip pola disimpan dalam bentuk digital. Dengan demikian pola pakaian yang akan digunakan dalam produksi skala besar bisa direalisasikan dalam waktu yang relatif singkat sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh perusahaan.

Pattern Maker

Sumber : http://www.humanb.com

Seorang pattern maker dituntut untuk teliti dan rapi. Jika salah perhitungan, maka pakaian yang tercipta akan melenceng dari desain, tidak pas saat dikenakan dan terlihat tidak sebagus rancangan desainer. Meskipun seorang desainer memiliki kemahiran dalam membuat pola, namun tidak jarang pula yang berkolaborasi dengan seorang pattern maker.

Pattern Maker

Sumber : http://cosewn.com

Itulah sebabnya profesi pattern maker di dunia fashion memiliki potensi yang sangat besar, karena tidak semua desainer mahir membuat pola. Peran pattern maker dapat dikatakan sangat penting untuk menghasilkan busana yang sempurna seperti rancangan desainer atau sesuai sketsa yang dibuat.

Pattern Maker

Sumber : http://lingeriedediva.com

Lebih jauh lagi seorang pattern maker yang bekerja pada perusahaan internasional juga dituntut untuk memahami berbagai ukuran tiap pasar, bentuk dan feature pengguna.

Iklan

Tentang ysetianingsih

Saya bekerja sebagai pendidik di SMK Negeri 1 Purwojati jurusan TATA BUSANA. Mulai bertugas di SMK ini sejak tahun 2011 hingga saat ini.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s