Fitinline.com: Resistance Trend Fashion 2016

Sumber: Fitinline.com: Resistance Trend Fashion 2016

Memahami trend fashion yang berkembang dari masa ke masa merupakan salah satu syarat mutlak yang harus dikuasai oleh para desainer untuk menjaga keberlangsungan bisnis fashion yang digelutinya. Dengan memahami perubahan yang terjadi, para desainer bisa dengan mudah membaca selera konsumen dan menemukan ide atau inspirasi baru untuk menciptakan busana yang lebih menarik.

Trend Fashion 2016

Sumber : http://marketeers.com/

Melihat banyaknya tantangan hidup yang dapat mengganggu bahkan mengancam kerberlangsungan hidup manusia, mulai dari kelangkaan sumber daya alam, kualitas hidup yang menurun, perubahan iklim yang berpotensi merusak habitat, ditambah lagi dengan kondisi politik yang akan terus bergejolak, terpilihlah tema Resistance (perlawanan) sebagai trend mode tanah air pada tahun 2016 mendatang.

Trend Fashion 2016

Sumber : http://www.online-instagram.com/

Konsep utama yang diprediksi akan mendominasi trend fashion Resistance tersebut, secara keseluruhan meliputi Biopop, Humane, Colony, dan Refugium.

Biopop

Biopop merupakan sebuah tema fashion yang bersifat fresh dan inovatif dalam memberikan gambaran akan kemajuan riset dan teknologi yang lebih ramah lingkungan sebagai sumber harapan baru untuk mengelola kekayaan alam yang begitu melimpah. Hal tersebut dapat tercermin dari permainan warna-warna cerah pada busana yang identik dengan aura kebahagiaan.

Trend Fashion 2016

Sumber : https://poloskaos.com/

Humane

Menanggapi perkembangan wearable devices dan pemanfaatan teknologi informasi yang begitu canggih tanpa mengabaikan prinsip kemanusiaan menjadi sumber inspirasi lahirnya tema Humane. Sebagian dari desain busana yang mengadaptasi tema humane mungkin saja terlihat begitu rumit namun bisa juga tampak begitu simpel dan manusiawi.

Trend Fashion 2016

Sumber : https://poloskaos.com/

Colony

Mengacu pada perubahan iklim dunia yang menimbulkan paradigma mengenai kelayakan bumi sebagai tempat tinggal, lahirnya pemikiran untuk mencari sebuah koloni altenatif yang mampu menjamin kelangsungan hidup generasi manusia di masa depan. Seperti layaknya komunitas yang ada di dalam sarang semut maupun sarang lebah.

Trend Fashion 2016

Sumber : https://poloskaos.com/

Pattern retakan tanah serta pola lain yang dibangun secara alami oleh alam dalam tampilan dan gaya yang romantic namun cenderung lebih terstruktur dan tertata dengan cermat, ditambah lagi dengan permainan tekstur yang didukung prinsip irama dan pengulangan menjadi salah satu ciri utama konsep colony.

Trend Fashion 2016

Sumber : http://theactualstyle.com/

Refugium

Unsur desain yang diangkat pada tema Refugium ini sangat erat kaitannya dengan konsep inovasi frugal yang dapat dipahami sebagai serangkaian kegiatan desain rekayasa kreatif untuk menghasilkan produk teknologi inovasi yang sangat murah (ultra-low-cost), kuat, dan mudah digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup ditengah situasi yang penuh dengan keterbatasan.

Trend Fashion 2016

Sumber : https://poloskaos.com/

Bentuk “pod” sarung, permainan volume, serta gigantic pattern yang terinspirasi dari budaya local menjadi pilihan yang paling sesuai dengan tema Refugium.

Trend Fashion 2016

Sumber : http://www.seputarevent.com/

Semoga artikel kali ini bisa menambah pengetahuan sahabat Fitinline. Semoga bermanfaat.

Iklan

Tentang ysetianingsih

Saya bekerja sebagai pendidik di SMK Negeri 1 Purwojati jurusan TATA BUSANA. Mulai bertugas di SMK ini sejak tahun 2011 hingga saat ini.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s