Fitinline.com: Penyelesaian Tepi Busana: Kelim

Sumber: Fitinline.com: Penyelesaian Tepi Busana: Kelim

Kelim biasanya digunakan pada bagian bawah rok, pinggiran bawah kemeja, lengan baju, bagian bawah celana, gorden, dan lain sebagainya. Dalam pembuatan pakaian, kelim bawah dikerjakan paling akhir. Sebelum mengukur panjang rok, sebaiknya gaun atau rok digantung dulu paling sedikit 24 jam, terutama untuk bahan yang diperkirakan mulur dan rok lingkaran. Dengan menggantung itu, berat bahan pada bagian yang digunting serong akan meregang ke posisi normal dan mencegah tepi bawah rok bergelombang dan tidak sama panjang lagi setelah dipakai beberapa lama atau setelah dicuci.

Jenis kelim sangat bervariasi, dari mulai yang dikerjakan dengan tangan sampai yang dikerjakan dengan mesin. Untuk bahasan yang pertama kita akan bahs mengenai kelim yang dikerjakan dengan tangan yaitu kelim biasa, kelim sumsang, dan kelim tusuk flanel.

Kelim biasa digunakan untuk bawah rok, blus, kebaya, ujung lengan, dan lain sebagainya. Untuk mengelim bagian busana, lebar kelim berkisar antara 3 sampai 5 cm. Langkah pengerjaannya yaitu lipatkan pinggir rok sesuai lebar yang anda inginkan. Lalu tirasnya dilipatkan ke dalam lebih kurang 1 cm dan dibantu dengan jelujuran. Kemudian disum dengan jarum, upayakan dalam lipatan betul-betul rata dan dijahit dengan jarum tangan. Mengelim atau menusukkan benang ke bahan pada bagian bawah lebih kurang 3 helai benang, sehingga tidak kelihatan bekas tusukannya, cara ini dilakukan terus-menerus sampai selesai. Supaya hasilnya kuat dan hasil tusukan tidak gampang lepas lebih kurang setiap 6 langkah tusukan dimatikan agar tidak lepas.

Kelim Biasa

Kelim Biasa

Sumber: http://likaya2.wordpress.com

Kelim sumsang merupakan teknik mengerjakan atau caranya sama dengan kelim biasa, tapi beda kerjanya pada cara memasukkan jarumnya yaitu dua kali dalam satu lubang sehingga benangnya mati dan tidak mudah lepas. Jika ada yang putus kegunaan sama dengan kelim biasa. Kelim ini diselesaiakan seperti kelim biasa bagian baik terlihat tusuk datar serat 1-2 serat.

Kelim Sumsang

Kelim Sumsang

Sumber: http://likaya2.wordpress.com

Kelim tusuk flanel yaitu kelim yang bahan pinggirnya diobras, tanpa melipatnya ke dalam. Terutama dipakai untuk teknik pengerjaan yang kelimnya lebih rapi dan lebih berkualitas dan juga untuk bahan yang tebal, rok, blus, ujung lengan dan sebagainya. Langkah pengerjaannya yaitu lipatkan pinggir rok selebar yang dinginkan dan dibantu dengan jelujur. Lalu dijahit dengan tusuk flanel yang satu di atas keliman tidak tembus sampai keluar dan yang satunya di bawah kelim dekat pinggir lipatan dengan langkah mundur. Kemudian hasil dari bagian baik hanya tampak satu baris dengan jarak 0.5 cm atau sesuai keinginan.

Kelim Tusuk Flanel

Kelim Tusuk Flanel

Sumber: http://likaya2.wordpress.com

Kelim Tusuk Flanel

Sumber: Koleksi Pribadi

Simak terus artikel dari kami ya Sahabat Fitinline, artikel selanjutnya akan kita bahas mengenai kelim yang penngerjaannya dengan mesin. Selamat menjahit dan semoga bermanfaat.

Iklan

Tentang ysetianingsih

Saya bekerja sebagai pendidik di SMK Negeri 1 Purwojati jurusan TATA BUSANA. Mulai bertugas di SMK ini sejak tahun 2011 hingga saat ini.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s