Fitinline.com: 8 Jenis Kain Untuk Membuat Rok

Sumber: Fitinline.com: 8 Jenis Kain Untuk Membuat Rok

Rok merupakan sejenis pakaian wanita yang dikenakan mulai dari bagian pinggang kebawah melewati panggul hingga batas tertentu sesuai dengan kebutuhan pemakainya. Berbeda dengan celana yang diciptakan dalam dua bagian kiri dan kanan, secara garis besar rok didesain langsung dalam bentuk kerucut atau pipa silinder. Jenis kain yang biasa digunakan untuk membuat rok diantaranya berupa kain linen, katun, denim, satin, velvet, corduroy,  chiffon, dan lace.

Kain Linen

Kain linen termasuk kedalam jenis kain yang mudah kusut dan berkerut namun memiliki daya serap keringat yang cukup baik sehingga sangat sesuai bila dikenakan saat musim panas.

Linen Skirt

Sumber : http://id.aliexpress.com

Kain Katun

Kain katun yang biasa digunakan untuk membuat rok wanita tergolong kedalam jenis kain rajut (knitting) dari bahan dasar serat kapas yang memiliki karakteristik halus, dingin, tidak mudah pudar serta tidak mudah kusut.

Cotton Skirt

Sumber : http://www.koshercasual.com

Kain Denim

Sebagai bahan baku pembuatan jeans, kain denim diciptakan dari katun dan wol atau campuran linen dalam berbagai variasi warna. Meski bahannya cukup berat dan tebal namun rok dari bahan denim selalu menjadi item fashion abadi yang sangat sesuai untuk berbagai gaya casual.

Denim Skirt

Sumber : http://eatsleepdenim.com

Kain Velvet

Kain velvet merupakan jenis kain tenun berumbai yang memiliki struktur halus dan rata, sehingga permukaannya  tampak lebih berkilau dan lembut menyerupai karakteristik kain sutera dan wol yang terkesan mewah dan galmor.

Velvet Skirt

Sumber : http://leahwise.com

Mencari kain tekstil murah dan berkualitas? Klik Disini untuk melihat katalog kain.

Kain Satin

Sebagai bahan utama sebuah rok, kain satin yang memiliki permukaan mengkilap, halus dan licin konon mulai dikenal di daratan Eropa sejak awal abad ke-20. Jalinan benang yang sangat minim pada proses pembuatannya mampu menciptakan permukaan kain yang rata dan halus jika dibandingkan bahan lainnya.

Satin Skirt

Sumber : https://www.etsy.com

Kain Chiffon

Kain sifon termasuk kedalam jenis kain transparan dan ringan yang terbuat dari bahan katun, sutra ataupun benang sintetis. Karakteristiknya yang lembut dan luwes menjadikan sifon sebagai pilihan terbaik untuk membuat rok wanita yang berpotongan longgar untuk menyamarkan bentuk tubuh pemakainya yang kurang menarik.

Chiffon Skirt

Sumber : http://www.cichic.com

Kain Lace

Sebagai bahan rok, kain lace umumnya dibuat dari benang yang dirajut secara bersamaan membentuk pola tertentu seperti bunga untuk menampilkan sisi cantik, mewah, dan feminim pada pemakainya.

Lace Skirt

Sumber : http://www.karenmillen.com

Kain Corduroy

Kain Corduroy merupakan jenis kain yang diciptakan dari kain kapas tebal sehingga memiliki tekstur yang baik dan halus menyerupai bahan beludru namun sedikit lebih kaku. Bila dilihat secara sepintas, permukaan corduroy seolah-olah tersusun atas beberapa tali yang diletakkan sejajar satu sama lain dan kemudian dijahit bersama-sama.

Corduroy Skirt

Sumber : http://www.zulily.com

Meski umumnya dikenakan oleh para wanita, namun item fashion yang difungsikan untuk menutup tubuh bagian bawah ini rupanya telah lama menjadi bagian dari pelengkap gaya busana pria dalam budaya Skotlandia.

Semoga bermanfaat.

Iklan

Tentang ysetianingsih

Saya bekerja sebagai pendidik di SMK Negeri 1 Purwojati jurusan TATA BUSANA. Mulai bertugas di SMK ini sejak tahun 2011 hingga saat ini.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s