Fitinline.com: Membuat Pola Pakaian Dengan Penggaris Pembentuk

Sumber: Fitinline.com: Membuat Pola Pakaian Dengan Penggaris Pembentuk

Untuk mempelajari seluk beluk pembuatan busana, termasuk teknik pembuatan pola pakaian, mau tidak mau seorang desainer harus mempelajari pula teknik menggambar dengan baik. Oleh sebab itulah ketelitian seorang pattern maker dalam menggoreskan garis-garis lurus maupun garis lengkung untuk membuat kerung lengan, kerung leher mapupun bentuk panggul sangat dibutuhkan.

Penggaris Pembentuk

Sumber : http://redysta.com

Pola dasar sebuah pakaian pada prinsipnya terbentuk dari garis-garis lurus dan garis lengkung. Untuk membuat atau menggambar pola busana itulah diperlukan penggaris/rol dressmaker dengan bentuk yang berbeda-beda. Salah satunya yaitu berupa penggaris pembentuk yang didesain khusus untuk membuat garis pola terutama garia-garis lengkung yang cenderung sulit.

Penggaris Pembentuk

Sumber : http://www.duniakonveksi.com

Sebagai alat pendukung dalam kegiatan pembuatan busana, penggaris pembentuk sendiri memiliki berbagai macam variasi jenis dan modelnya. Ada yang dibuat dari plastik, mika, maupun kayu. Setiap penggaris pembentuk tersebut diciptakan sesuai fungsi masing-masing.

Penggaris Pembentuk

Sumber : http://griyahobifitriaa.blogspot.co.id

Satu buah penggaris pembentuk biasanya memiliki dua atau tiga fungsi sekaligus. Sebagai contohnya penggaris pembentuk yang mempunyai tiga fungsi utama berikut ini.

Penggaris Pembentuk

Sumber : https://www.tokopedia.com

Penggaris tersebut dapat digunakan untuk membentuk kerung lengan dan kerung leher pada blouse, serta membentuk garis lengkung lingkar pinggang maupun garis lengkung antara pinggang dan panggul pada rok.

Penggaris Pembentuk

Sumber : https://bawangijo.wordpress.com

Semoga bermanfaat.

Iklan

Tentang ysetianingsih

Saya bekerja sebagai pendidik di SMK Negeri 1 Purwojati jurusan TATA BUSANA. Mulai bertugas di SMK ini sejak tahun 2011 hingga saat ini.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s