Fitinline.com: Cara Menjahit Manset

Sumber: Fitinline.com: Cara Menjahit Manset

Sebuah kemeja akan tampak lebih indah dan terkesan berkelas dengan penambahan manset pada bagian lengannya. Cuff atau lebih populer dengan nama manset ini merupakan bagian lengan kemeja yang letaknya berdekatan dengan pergelangan tangan. Seperti halnya pemasangan kerah, dalam membuat manset dibutuhkan kesabaran dan ketelitian yang cukup tinggi agar diperoleh bentuk manset yang rapi sesuai dengan yang diharapkan.

 

Manset

Sumber : http://marisasukamakanroti.blogspot.com/

Berikut beberapa langkah sederhana yang bisa diterapkan untuk membuat cuff atau manset dan disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Pertama-tama persiapkan kain yang akan digunakan untuk membuat manset beserta lengan kemeja yang sudah dijahit. Kemudian buat dua buah lipit searah dengan jarak 5cm dari belahan kemeja. Untuk mempermudah proses  pemasangan manset jahit lipit tersebut.

Manset

Sumber : http://grainlinestudio.com/

Ingin belajar menjahit? Klik Disini untuk melihat video tutorial menjahit.

Untuk membuat manset, potong dua buah kain (untuk lengan kanan dan kiri) dengan ukuran sama besar sesuai ukuran lingkar ujung lengan yang telah dibuat. Selanjutnya tempelkan interfacing atau pelapis antara pada bagian buruk manset untuk memberikan bentuk yang lebih indah. Jahit bagian tepi manset dan ujung bawah lengan dengan posisi bagian baik keduanya saling berhadapan menggunakan pola jahitan berbentuk lurus.

Manset

Sumber : http://grainlinestudio.com/

Luruskan bagian manset dan lengan kemudian lipat manset tepat pada bagian tengahnya sehingga diperoleh dua bagian sama besar.  Sematkan jarum pentul untuk menahannya agar tidak bergeser. Lipat pula bagian kampuh manset agar sejajar dengan garis jahitan yang berada pada lengan.

Manset

Sumber : http://grainlinestudio.com/

Jahit sepanjang sisi manset lalu rapikan sudut-sudutnya dengan menggunakan gunting.

Manset

Sumber : http://grainlinestudio.com/

Ingin belajar membuat pola baju? Klik Disini untuk men-download polanya.

Balik manset ke bagian baik dan lipat tepinya agar terlihat lebih rapi. Jika diperlukan berikan jarum pentul untuk menahannya agar tidak bergeser.

Manset

Sumber : http://grainlinestudio.com/

Terakhir tindas bagian tepian manset untuk memberikan efek lebih tegas. Sahabat Fitinline juga bisa berkreasi dengan membuat manset dari kain yang berlainan warna dengan bahan utama, serta membuat jahitan tindas yang tampak dari luar menggunakan benang yang berwarna kontras.

Manset

Sumber : http://grainlinestudio.com/

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tags : belajar menjahit, kursus jahit online, jahit baju online

Iklan

Tentang ysetianingsih

Saya bekerja sebagai pendidik di SMK Negeri 1 Purwojati jurusan TATA BUSANA. Mulai bertugas di SMK ini sejak tahun 2011 hingga saat ini.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s